Bagaimana Caranya Bisa Mendapatkan Karomah Para Wali?

Avatar
Latest posts by Master Khilman (see all)

Orang Jawa suka bilang ingin dapat berkah atau karomahnya para wali agar hidupnya menjadi mudah. Biasanya mereka suka pergi ziarah dan mendoakan para wali dengan tujuan agar mendapatkan karomah atau berkah dari para wali atau ulama

Itulah kenapa, di tempat-tempat ziarah pada waktu tertentu, terutama di bulan syuro, begitu banyak para peziarah ke makam para wali. Banyak sekali bus-bus rombongan berduyun-duyun membawa penumpang para peziarah.

Itu adalah kondisi yang sangat wajar di momen-momen tertentu.

Hanya saja, tak banyak orang sadari bahwa untuk mendapatkan karomah para wali tidak hanya demikian. Tak hanya soal pergi ke tempat makan para wali dan mendoakan.

Terkadang, Saya juga sempat heran. Begitu banyak orang yang mendapatkan berkah dan karomah para wali dengan berziarah ke para makam wali.

Padahal, tidak sepenuhnya caranya demikian. Itu hanya salah satu cara saja. Masih ada cara lain yang tidak harus selalu datang ke makam para wali untuk mendoakan beliau.

Dan Saya cukup kahwatir kalau-kalau mereka, para peziarah salah niat. Salah langkah.

Artinya, mereka malah minta para wali yang sudah meninggal itu mendoakan mereka. Malah jadinya minta-minta di makam.

Kan bisa musyrik ini tanpa disadari. Itulah kenapa, perlu yang namanya kehati-hatian. Sebab, masih saja ada orang yang demikian.

Kenapa bisa begitu? Ya, karena mereka salah pemahaman. Atau mungkin para kiayi kampung yang salah menjelaskan sehingga ada yang salah paham.

Sebagian dari mereka ada yang minta-minta di makam, minta agar waliyullah menurunkan karomahnya.

Itulah kenapa, jika Anda memang ada niatan untuk pergi ziarah ke makam para wali, Anda perlu berhati-hati. Jangan sampai salah niat.

Doakan saja para wali untuk kedamaian mereka, untuk mendapatkan rahmat dari-Nya. Bukan malah minta-minta. Ini sebenarnya syirik halus yang tanpa banyak orang sadari.

Meski memang ziarah niatnya mendoakan, tapi ada niat lain, yakni minta didoakan.

Bahkan, tanpa Anda minta didoakan saja, maka Allah akan berikan keberkahan juga untuk Anda ketika Anda memang benar-benar mendoakan par awali dengan tulus, bukan modus.

Anda mendoakan para wali dan Anda minta wali yang sudah meninggal mendoakan Anda. Kan sinting namanya.

Itulah kenapa, Anda perlu luruskan niat. Benarkan niat Anda.

Jika Anda doakan para wali dengan tulus tanpa berharap apa pun, malahan Anda bisa jauh lebih berkah hidupnya, Anda bisa mendapatkan kemudahan, Anda bisa mendapatkan pertolongan Allah lewat Anda mendoakan para wali tanpa harus Anda minta didoakan para waliyullah tersebut.